Suka Minum Jus Semangka? Rasakan Manfaatnya Untuk Tubuh


Siapa yang tidak suka dengan minuman yang menyegarkan? Semua orang pasti suka dengan minuman yang dingin karena Di Indonesia merupakan kawasan tropis. Seperti halnya minuman jus buah. Jus buah merupakan minuman yang kaya manfaat dan vitamin yang terkandung didalamnya. Contoh seperti jus semangka, mungkin banyak yang menganggap bahwa jus semangka hanya berisi air dengan sedikit rasa dan tidak seenak jus buah lainnya. Siapa sangka, ternyata berdasarkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan semangka atau khususnya jus semangka segar, menghasilkan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Setiap gigitan yang berair memiliki kadar vitamin A, B6, dan C, banyak likopen, antioksidan, dan asam amino. Ada pula sebagian kecil kandungan potasium. Semangka juga terkenal bebas lemak, rendah sodium, dan rendah lemak.secangkir jus semangka hanya mengandung 40 kalori. Lalu apa saja manfaat dari jus semangka ? mari kita simak penjelasannya :

1.       Menyehatkan Jantung

Khasiat buah semangka yang pertama adalah menyehatkan jantung. Selain tomat, semangka menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Selain itu likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung koroner. Khasiat ini didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2.       Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat semangka juga dapat meningkatkan kadar arginin, asam amino penting yang digunakan untuk sintesis oksida nitrat. Oksida nitrat tidak hanya membantu melebarkan pembuluh darah agar peredaran darah tetap lancar dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi, tetapi juga bekerja dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Buah semangka juga sumber vitamin C, mikronutrien utama yang berfungsi ganda yaitu bertindak sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk menjaga tubuh sehat dan mengakal penyakit kronis. Antioksidan juga dapat membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel terhadap kerusakan dan stres oksidatif.

3.       Membantu menurunkan berat badan

Semangka mengandung kalori yang menjadikan buah ini sebagai makanan untuk program penurunan berat badan yang sehat. Semangka memiliki manfaat penurunan berat badan karena menimbulkan rasa kenyang dan mencegah keinginan untuk makan banyak. Menurut sebuah penelitian menemukan bahwa makan semangka meningkatkan manajemen berat badan adalah dengan meningkatkan rasa kenyang dan respon glukosa dan insulin portprandial.

Nah kurang lebihnya seperti itu manfaat dari buah semangka yang dapat dijadikan sebagai minuman jus kesehatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan