Tak Hanya Daun Tembakau, Motif Tumbuhan Kopi, Kakao, Bahkan Buah Naga Menjadi Ciri Khas Batik Jember


Kabupaten Jember tidak bisa lepas dari semua yang berbabu dengan tanaman tembakau. Gambar lambang atau logo dari Jember pun daun tembakau yang melambangkan Jember selain dikenal sebagai gudang pangan juga dikenal sebagai daerah penghasil komoditi tembakau yang terkenal dan menghasilkan devisa cukup besar bagi Negara.

Sudah sejak puluhan tahun Jember dikenal sebagai penghasil tembakau Na Oogst yang paling banyak mengekspor bahan dasar rokok cerutu ke Luar Negeri. sehingga kain batik produksi Jember pun sangat tidak heran kalau didominasi motif daun tembakau. Keunggulan batik Jember yaitu proses pembuatannya yang masih dilakukan secara tradisional dengan cara ditulis atau digambar. Warga Jember kerap membuat batik dengan motif yang terinspirasi dari hasil tani lainnya seperti kopi, buah naga, dan kakao. Hal ini dilakukan untuk dapat mengikuti pasar supaya motif, corak dan warna dapat lebih bervariasi dengan harapan menarik konsumen yang lebih banyak.

Batik khas Jember - kamar hotel terbaik Jember
Saat ini batik merupakan salah satu hasil budaya yang telah mendunia dan batik mulai mendapat sorotan dari generasi muda. Inovasi demi inovasi membuat kalangan muda tidak malu menggunakan dan mengenakan batik, bahkan ada kebanggan mengenakan batik Indonesia khususnya dari Jember. Upaya memperkenalkan batik Jember masih gencar dilakukan hingga sekarang. Pemerintah juga ikut turun tangan seperti dengan mewajibkan pelajar, pegawai negeri dan swasta untuk memakai batik Jember pada hari yang ditentukan. Batik Jember juga sudah diperkenalkan di luar negeri dengan diikutkan dalam acara Paris Fashion Week 2018 yang bertujuan agar batik Jember bisa masuk ke pasar luar dan tidak kalah pamornya dengan batik-batik dari daerah lain.

Nah ?? maka dari itu jika anda berada di kota Jember yang hanya sekedar berlibur ataupun berbisnis jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jember yaitu batik Jember. jika berada di Jember beberapa hari maka kami sarankan untuk mencari penginapan yang terdekat dengan lokasi tujuan anda untuk berwisata atau berbisnis. Anda dapat mencari kamar hotel terbaik Jember dengan harga yang terjangkau di dompet yang hanya sekedar tempat singgah sementara saja. Anda juga dapat mencari outlet-outlet di kota Jember yang menjual kain batik dan membelinya untuk oleh-oleh dan kenang-kenangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan