Olahan Makanan Berbahan Dasar Mie Yang Terkenal Di Jepang


Olahan makanan berbahan dasar mie yang berasal dari Negeri Jepang pastinya anda semua tahu kan? Jawabannya yaitu mie ramen. Suka makan mie ramen? Saat ini ramen merupakan salah satu kuliner Jepang yang populer di Indonesia, khususnya kota Jember - Jawa Timur. Berbagai restoran, rumah makan, hotel, dll yang menyediakan mie ramen tersedia dimana saja. Namun tahukah anda tentang sejarah ramen yang lezat ini?

Apa sih mie ramen itu ?

Ramen adalah salah satu olahan makanan khas negara Jepang yang terbuat dari bahan dasar berupa mie yang berkuah. Ciri khas dari ramen adalah bentuk mienya yang tipis dan juga berwarna kuning. Mie tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sebuah mangkok yang berisi kuah yang terbuat dari berbagai jenis kaldu. Sebenarnya ramen adalah sebuah adaptasi Jepang dari mie gandum Tiongkok. Ramen pertama kali diperkenalkan di Jepang oleh imigran Tiongkok pada akhir abad ke -19 atau awal abad ke-20. Menurut informasi dan catatan dari Museum Ramen Yokohama, ramen berasal dari Tiongkok dan diperkenalkan di Jepang pada tahun 1859. Versi awal dari ramen adalah mie gandum dalam kaldu dengan daging babi panggang ala Tiongkok. Tapi seiring perkembangan kandungan nutrisi dan kebijakan pemerintahan Jepang yang menginginkan Ramen sebagai makanan pariwisata di negaranya, kuah ramen bergeser menjadi olahan tulang ayam dan seafood terutama tulang dan kulit udang. Termasuk di kota – kota besar di Indonesia seperti halnya kota Jember, Jawa Timur.

Mungkin bagi sebagian orang Indonesia mernyeruput kuah mie bukanlah hal yang biasa dilakukan. Namun hal itu akan sangat berbeda jika anda berada di Jepang. Menyeruput adalah salah satu hal yang wajib dilakukan saat menyantap ramen. Cara menyeruput kuah yang baik dan benar adalah menyeruput hingga mengeluarkan bunyi “Slurpp”, hehehe!!!. Ini adalah tanda bahwa anda menikmati mie ramen tersebut. Bukan hanya Cuma menikmati, menyeruput ini juga merupakan tanda kalau anda menghormati dan menyukai racikan sang chef yang membuat. Bagaimana ? anda pastinya sudah tak tahan ingin menikmatinya bukan? Anda bisa langsung datang ke restoran-restoran yang menjual mie ramen atau bisa juga melalui aplikasi online secara delivery order.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan