Buah Durian Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan


Durian adalah salah satu buah eksotis dan populer dari Asia Tenggara. Karena aroma dan rasanya yang khas, buah satu ini memiliki penggemar dan pembenci yang mungkin sama banyaknya. Ada yang menganggap aroma menusuk durian wangi sementara ada yang menganggap baunya tidak sedap. Begitu juga dengan rasanya yang khas ada orang lain suka dan ada yang tidak suka karena rasanya aneh. Di Indonesia khususnya di kota Jember, Jawa Timur, buah durian dapat dengan mudah ditemukan dan hadir dalam bentuk serta olahan seperti permen, es krim, hingga jus durian.

Manfaat buah durian untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui oleh orang. Walaupun menjadi salah satu buah terfavorit dan bahkan dijuluki King Fruit, banyak orang yang menyantapnya hanya karena rasa yang enak tanpa memedulikan manfaat kesehatannya. Padahal buah ini memiliki beragam nutrisi. Berbagai vitamin dan mineral karbohidrat, lemak, hingga protein yang dibutuhkan oleh tubuh bisa kamu dapatkan dari durian. Buah durian bisa juga dibuat minuman jus durian yang rasanya segar dan enak.

Apa saja manfaat yang terkandung dari buah durian? Buah durian memiliki kandungan nutris yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini mengandung serat yang dapat mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis atau infeksi pada kantongan di saluran pencernaan. Selain serat, anda juga dapat memenuhi asupan protein dari buah durian karena tinggi protein. Buah eksotis ini juga mengandung vitamin C, vitamin B-6, potasium, tembaga, riboflavin, dan tiamin. Itulah sebagian dari manfaat buah durian bagi kesehatan.

Namun dibalik buah yang kaya manfaat, mengonsumsi buah durian terlalu banyak juga tidak baik. Ada beberapa efek samping yang bisa timbul saat memakan durian terlalu banyak, seperti reaksi alergi, ketidaknyamanan di perut, muntah, perut bergas dan diare. Memakan biji dari buah durian juga beresiko menimbulkan sesak napas.

Selain itu, anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi durian bersamaan dengan beberapa makanan atau minuman lainnya seperti alkohol. Durian mengandung zat yang dapat menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol. Jika dikonsumsi bersamaan, berpotensi menimbulkan mula, muntah, hingga jantung berdebar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan