Asal usul Menu Makanan Nasi Goreng Yang Melegenda


Banyak negara mengenal olahan nasi yang digoreng. Tapi racikan nasi goreng Indonesia punya bumbu dan rasa tersendiri. Nasi goreng adalah makanan yang berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin., biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu – bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Adapula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis nasi goreng seperti nasi groeng jawa, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng petai, serta nasi goreng dengan variasi lainnya. Namun, selain di Indonesia sendiri, nasi goreng juga ada di berbagai negara lain, tapi mungkin dengan bumbu dan penyajiannya yang beragam dan berbeda. Mekipun bumbu yang digunakan berbeda tapi bahan utama adalah nasi.

Pernahkah anda mempunyai suatu pemikiran tentang menu yang satu ini? nasi goreng berasal dari mana? Apa benar nasi goreng itu berasal dari Indonesia?. Usut punya usut nasi goreng ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yakni sekitar tahun 4000 sebelum masehi. Ternyata makanan ini tidak berasal dari Indonesia melainkan sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa. Ide memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka dengan makanan yang sudah dingin dan tidak suka dengan membuang makanan sisa. Jadi kalau ada nasi sisa, mereka menyiasatinya dengan menggoreng nasi yang dicampur bumbu – bumbu. Jadilah sajian nasi goreng yang kala itu disukai oleh masyarakat Tionghoa.

Mengapa bisa nasi goreng sampai populer di Indonesia dan negara Asia Tenggara ? yaitu karena dibawa msyarakat Tionghoa yang merantau. Mereka menciptakan nasi goreng khas lokal yang disesuaikan dengan rempah-rempah daerah itu. Tidak heran jika di Indonesia ada nasi goreng ikan asin, pete, rendang, dan lain sebagainya.

Nah kurang lebihnya seperti sejarah menu makanan yang populer di Indonesia. Semoga bermanfaat untuk anda. terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan