Ada Capcay Kuah Dan Capcay Goreng, Apa Perbedaan dan Manfaatnya Dlam Tubuh ??

Anda yang berada di kota Jember- Jawa Timur gemar masakan Cina? Pasti tidak asing dengan yang namanya Capcay. Mulai dari hotel, restoran, sampai warung kaki lima pastinya banyak yang menghidangkan menu masakan ini. apa sih yang dimaksud dengan menu makanan Capcay itu? Capcay atau dari dialek Hokkian Cap cai yang berarti beraneka ragam sayur. Namun ada yang sering mengartikan capcay adalah masakan yang menggunakan sepuluh macam sayuran karena dalam dialek Hokkian arti cap adalah sepuluh dan cai adalah sayur.

Biasanya menu masakan capcay ini ada dua varian yaitu capcay kuah dan capcay goreng. Mengenai rasa sudah tidak perlu diragukan lagi, rasanya yang segar dari beragam sayuran dan nikmat. Makanan satu ini bisa dimakan tanpa nasi ataupun dengan nasi. Trus perbedaan capcay kuah dan capcay goreng itu apa? Kalau capcay kuah sering disebut dengan nama capcay basah. Perbedaanya yaitu hanya terletak dikuahnya saja, sedangkan isianya sama yaitu ada capcay, hati ayam, sawi putih, sawi hijau, wortel, telur dan kuahnya yang bikin nikmat dan lezat. Sedangkan capcay goreng rasanya juga tidak kalah nikmatnya loh gaes!!

Namun di menu masakan keduanya ini mempunyai kandungan gizi. Berbagai macam sayuran tersebut tentunya banyak mengandung vitamin, mineral dan zat gizi lainnya yang penting untuk tubuh. Berbagai macam vitamin B2, B6, vitami C dan vitamin A yang banyak terdapat dalam sayur brokoli dan sawi putih. Selain itu kandungan gizi lainnya seperti kalium, serat, zinc, magnesium, fosfor dan beberapa protein juga bisa kita dapatkan jika konsumsi capcay. Apalagi jika untuk anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan, resep masakan capcay ini tentu sangat bagus buat mereka. Anda juga bisa menambahkan irisan baso sapi, sosi, daging, jamur atau udang sehingga kandungan gizinya lebih lengkap dan lebih bergizi untuk mereka.

Kunci rahasia dari cara membuat capcay yang enak, lezat dan aromanya mengundang slera makan terletak di penggunaan bumbu cairnya. Kuncinya yaitu terletak pada bahan kecap dan saus tiramnya. Keduanya memberikan aroma yang harum pada masakan chinese food ini sehingga sangat mengundang selera.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan