Bagaiamana nilai kandungan gizi dalam frozen food ? berubah atau tidak


Masyarakat yang mengonsumsi frozen food kini semakin meluas, apalagi ada jenis makanan yang semakin bervariatif. Jika anda sedang sibuk dan terburu-buru atau tidak punya waktu untuk memasak, maka Frozen food jember menjadi solusi praktis bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk mengolah bahan makanan segar. Berbagai jenis makanan kini bisa anda peroleh dalam bentuk beku, sperti sayuran, daging, buah, nuget ataupun sosis. Namun pernahkah anda berfikir nilai kandungan gizi yang ada didalamnya?Apakah nilai gizinya sama dengan makanan segar? Dan apa yang terjadi apabila sering konsumsi frozen food? Tentunya anda penasaran dengan nilai gizi frozen food tersebut apakah gizi berkurang atau tidak ada perubahan.

Sebetulnya dalam proses pembuatan frozen food Jember serupa dengan makanan segar lainnya. Untuk sayur dan buah tentu harus dipanen terlebih dulu, dibersihkan, kemudian dikemas. Bila dijadikan makanan beku maka akan mengalami proses pembekuan terlebih dulu pada suhu -180 sampai -200 derajat celcius. Apabila dijadikan sebagai makanan segar maka dapat diolah untuk dikonsumsi langsung. Saat proses pencucian sayur dan buah, mungkin saja zat gizinya berkurang sedikit tetapi tidak menurunkan nilai gizi makanan tersebut secara keseluruhan. Kemudian saat sayur dan buah dikemas dan disimpan dalam keadaan beku, maka vitamin dan mineral di dalamnya juga ikut membeku. Sehingga zat gizi tersebut akan bertahan hingga anda memasak dan mengonsumsinya. Tetapi tentu saja tekstur serta rasa sayur dan buah yang telah dibekukan akan berbeda dengan yang masih segar.

Begitu halnya seperti daging tidak akan mengalami juga perubahan nilai gizi yang terkandung didalamnya baik itu jika daging tersebut dibekukan atau pun dibuat makanan segar. Namun hanya saja tekstur dan rasanya yang berubah tanpa mengurangi nilai gizi.

Beberapa vitamin seperti vitamin B2, C, dan E yang terdapat dalam sayur dan buah beku tidak rusak ataupun berkurang jauh dibandingkan dengan sayur dan buah segar. Demikian pula dengan kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, zink, tembaga, zat besi, serta serat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan