Pasar Tanjung Dengan Menara Airnya Yang Kokoh Di Jember



Dalam menggerakkan roda perekonomian setiap kota sangat diperlukan sarana yang bisa dinikmati oleh setiap masyarakat dan salah satunya yaitu Pasar Tradisional. Meskipun di saat ini bermunculan Mini Market yang tumbuh seperti jamur, pasar tradsional masih mempunyai andil yang cukup besar dalam memberikan pendapatan daerah. Pasar Tanjung adalah satu-satunya pasar tradisional kelas utama di Kabupaten Jember yang sangat potensial melayani kebutuhan masyarakat perkotaan maupun pedesaan karena letaknya yang ada di pusat kota. Pasar Tanjung didirikan pada tahun 1973. Pasar ini merupakan pasar rakyat terbesar di Jember dengan luas sebesar 25.105 m2.

Pasar ini selalu ramai dengan penjual maupun pembeli karena di Pasar Tanjung tersebut merupakan tempat para tengkulak yang datang dari kota-kota sekitar Jember diantaranya Banyuwangi dan Bondowoso. Pasar tanjung memiliki keunikan bangunan yang tidak dimiliki oleh pasar-pasar tradisional lainnya. Ditengah-tengah pasar tanjung terdapat Menara Air yang menjulang tinggi dan megahnya. Menara air pasar tanjung ini didirikan di Pasar tanjung, karena pada waktu itu pusat perdagangan sekaligus pusat hiburan masyarakat adalah kompleks Pasar Tanjung sampai jalan Sultan Agung. Dulu di lokasi tersebut merupakan pasar dan sebagian lagi adalah terminal lama Jember. namun kini hanya Pasar Tanjung yang masih bisa disaksikan hingga sekarang, sedangkan terminal lamanya sudah menghilang.

Menara Air ini awalnya dikenal dengan sebutan Watertoren te Djember. Menara air ini dibangun oleh Provencial Water Leiding Bedrijf, Perusahaan Daerah Air Minum yang didirikan oleh Pemerintah Belanda yang berkedudukan di Surabaya pad atahun 1932. Kemudian pada tahun 1939 dijual kepada Regentschap te Djember dan sejak tahun 1940 perusahaan tersebut ganti nama menjadi Regentschap Water Leiding Bedrijf te Djember yang menjadi cikal bakal Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jember.

Anda tak perlu khawatir jika ingin berpergian beberapa hari ke Kota Jember, selain terdapat Pasar Tanjung yang selalu ramai. Kota ini juga ramai akan tempat penginapan mulai dari harga yang ekonomis hingga harga berbintang. Anda tinggal cari kamar hotel terbaik Jember melalui aplikasi pencarian di smartphone anda. Kamar hotel terbaik Jember dengan beberapa fasilitas standartnya lebih mudah anda dapatkan dengan membooking via online agar lebih praktis dan tidak perlu capek-capek mencari atau datang langsung ke lokasi yang ingin anda tuju.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan