Musik Patrol?? Seni Musiknya Wong Jember


Apakah musik Patrol itu??

Musik patrol adalah seni bermain musik secara bersama-sama layaknya gamelan. Namun bedanya alat yang digunakan merupakan alat tradisional berupa tabung kayu atau biasa disebut kentongan. Namun seiring berjalannya waktu bentuk kentongan yang sederhana dikembangkan menjadi kentongan dalam berbagai ukuran yang tentunya menghasilkan berbagai bunyi khas kentongan namun dengan tinggi nada yang berbeda-beda.

Kota Jember tentu tidak dapat dilepaskan dari musik patrol. Musik patrol ini sudah menjadi tradisi dan kesenian di kota tembakau ini. ketukan alat musik perkusi dari kayu nangka ditambah iringan sang vokalis yang menyanyikan lagu Jember menjadikan kearmonisan musik patrol itu lebih kental nuansa pendalungan. Sejak tahun 1990, musik patrol menjadi kebiasaan masyarakat Jember sebagai tanda memanggil merpati. Namun dengan seiring berjalannya waktu, musik patrol berkembang sampai menjadi kesenian musik rakyat.

Yang semula menjadi metode pemanggil merpati hingga berkembang menjadi alat komunikasi, patrol kemudian dimanfaatkan sebagai musik penanda membangunkan warga saat sahur pada bulan Ramadhan. Sejak itu instrumen patrol ditambah lagi yaitu mulai dari kenong, remo, ting tung, kleter, tamborin dan seruling. Semua alat tersebut bersatu dalam sebuah alunan lagu tradisional maupun kontemporer yang atraktif dalam permainannya. Berbeda dengan gamelan Jogja yang relatif lebih tenang. Permainan alat musik ini bisa disajikan dengan kolaborasi berbagai alat musik yang ada, misalnya dengan gitar modern, gamelan jawa, gamelan bali, dan lain-lain.

Mungkin bagi kebanyakan wisatawan dari luar kota Jember tidak banyak tahu tentang kesenian musik patrol di Jember. Kurang beberapa hari lagi kita umat muslim menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, bagi anda wisatawan yang mengunjungi Jember untuk urusan bisnis atau sekedar berlibur hendaknya mencari kamar hotel terbaik Jember. Anda dapat beristirahat dan tinggal sementara untuk menikmati suasana kota Jember apalagi dibulan Ramadhan, anda dapat berkeliling kota Jember malam harinya untuk menikmati keindahan kota serta temukan musik patrol khas kesenian kota Jember pada saat tiba waktunya makan sahur. Kamar hotel terbaik Jember dengan fasilitas yang pas dan harga yang ekonomis banyak anda temukan disini, jadi tidak perlu khawatir jika berkunjung ke kota Jember.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan