Situs Duplang, Situs Kuno Zaman Megalitikum di Kota Jember


Indonesia dikenal oleh masyarakat dunia sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya dan peninggalan yang mengagumkan. Jawa Timur memiliki banyak warisan peninggalan budaya, khususnya benda bersejarah dan purbakala yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten. Salah satu peninggalan bersejarah tersebut terletak di wilayah Kabupaten Jember. Termasuk salah satunya adalah situs Duplang yang berada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, sebuah desa terpencil di lereng gunung Argopuro, Jember. untuk menuju situs ini dari Alun-alun Kota Jember ke Desa Kamal hanya berjarak 16 km, namun akses jalan yang rusak dan sempit membuat perjalanan menuju ke lokasi menjadi sedikit lebih lama.


Situs duplang sangat bernilai besar dan sangat berpengaruh pada mulanya peradaban manusia di dunia, situs ini merupakan simbol dari akar kekayaan budaya di masa lalu. Maka dari itu sebagai warga negara Indonesia yang memiliki situs ini memiliki kewajiban untuk merawat dan menjaga kelestariannya.

Di dalam situs Dupalang terdapat berbagai benda peninggalan zaman purbakala, antara lain menhir, watu kenong, dan dolmen. Berbagai benda peninggalan tersebut masih berada di posisinya, persis ketika pertama kali ditemukan. Benda-benda peninggalan purbakala ini memiliki fungsinya masing-masing.

·         Menhir merupakan batu tegak yang digunakan sebagai pemujaan bagi arwah leluhur.

·         Watu kenong yaitu batu yang digunakan sebagai tempat persembahan bagi arwah atau roh leluhur. Terdapat dua jenis watu kenong yaitu watu kenong tunggal dan watu kenong kembar.

·         Dolmen berfungsi sebagai kubur batu, terdiri dari batu besar yang ditopang oleh 4-6 batu pada sisi-sisinya, kemudian ditutup dengan batu pipih lebar.

Situs bernilai heritage tinggi dan berpengaruh pada bermulanya peradaban manusia di dunia, merupakan simbolis akar kekayaan budaya bangsa di masa lalu. Jika kalian ingin berlibur atau singgah ke Kota Jember wajib untuk mengeksplore situs purbakala ini. wisata yang tak sekedar berwisata, namun juga mengandung nilai sejarah yang bisa utnuk belajar tentang budaya kehidupan lama yang bernilai historic. Mengenai penginapa di kota Jember anda tidak perlu khawatir, banyak kamar hotel terbaik Jember yang bisa anda jumpai disini. Hanya dengan menggunakan aplikasi online anda juga dengan mudah menemukan dan mendapatkan kamar hotel terbaik Jember sesuai yang anda inginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan