Masjid Jember Zaman Dulu dan Era Milenial Yang Megah


Kota Jember mempunyai tempat wisata religi yang bisa dibilang cukup terkenal dan berbagai elemen masyarakat baik lokal maupun yang dari luar kota berkunjung ke tempat wisata religi ini, baik mereka yang mempunyai niatan untuk beribadah dan juga untuk menikmati keindahan tempat wisata religi. Penasaran kan??? Sebelum anda berkunjung ke kota Jember anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan wisata religi bersama keluarga menjadi momen yang mengesankan. Jika anda ingin berlibur untuk beberapa hari diwajibkan anda untuk membooking kamar hotel terbaik Jember. Anda dapat memesan atau booking hotel melalui smartphone anda jauh-jauh hari agar ketika tiba di tempat tujuan tidak perlu bingung lagi mencari kamar hotel terbaik Jember agar dapat mengefisiensikan waktu anda.
Beberapa tempat wisata religi yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk anda bersama keluarga , yaitu :
1.       Masjid Jami’ Al Baitul Amin
Masjid tertua di Jember yang terletak di jantung kota, bersebelahan dengan Kantor Pemkab dan alun-alun Jember ini terdiri atas dua bangunan, yaitu bangunan masjid lama dan baru. Bangunan masjid lama yang merupakan cagar budaya telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda dan direnovasi pada tahun 1939. Sedangkan masjid baru yang terdiri di atas lahan seluas 9.600 meter persegi diresmikan pada 3 Mei 1976. Yang menarik perhatian lainnya adalah bahwa dalam sejarah pembangunan masjid ini pun sangat melibatkan peran serta masyarakat. Hal itu terbukti dari salah satu sumber dana pembangunan masjid yang berasal dari pengumpulan sumbangan padi sebagai bagian dari zakat hasil bumi sebanyak 2 kwintal gabah untuk tiap hektare.
Selain dalam desain bangunan masjid itu sendiri merupakan hasil polling yang dilakukan masyarakat dari 13 desain yang diajukan. Akhirnya pilihan desain jatuh pada karya Yaying K. Keser A.I.A, seorang arsitek tamatan Calofornia, Amerika Serikat. Dipilihnya bentuk bulat yang menggambarkan meluasnya kebutuhan seluruh umat manusia tanpa dibatasi dengan sudut-sudut tertentu yang akhirnya diaplikasikan pada bentuk kubah masjid.
2.       Masjid Rhoudotul Muchlisin

Masjid yang berlokasi di kelurahan Condro, Kecamatan Kaliwates ini berdiri di atsa lahan sluas 2.000 meter persegi dan setelah melalui tahap renovasi selama 8 tahun akhirnya diresmikan oleh K.H. Ma’ruf Amin ketika masih menjabat sebagai ketua MUI. Masjid ini menarik perhatian masyarakat karena bangunannya yang berbeda dengan masjid yang lainnya. Bangunan masjid yang megah dan futuristik seperti bangunan masjid yang berada di Turki. Dinding yang didominasi dengan warna kuning dan jingga serta pilar dihiasi ornament layaknya istana.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan