Berwisata Edukasi ke Kota Tembakau


Tidak banyak orang tahu tentang keberadaan kota Jember. sebuha kota kecil yang terletak di bagian timur pulau Jawa. Jember memang kota kecil, namun apabila mau mengeksplore lebih lanjut banyak kekayaan dan potensi tersimpan didalamnya. Jember memiliki batas-batas wilayah yang mana di bagian barat wilayah ini berbatasan dengan wilayah kabupaten Lumajang, di bagian timur berbatasan dengan wilayah kabupaten Banyuwangi, sementara di bagian utara berbatasan dengan wilayah kabupaten Bondowoso, dan di bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Jika anda penasaran dengan kota Jember dan ingin berkunjung maka siapkan dulu keperluan apa saja yang akan anda bawa dan siapkan ketika tiba ditempat tujuan. Yang terpenting anda harus wajib menginap di kota ini, caranya sangat mudah sekali anda hanya perlu menggunakan smartphone anda dengan mencari penginapan melalui aplikasi booking hotel dengan mengetik kamar hotel terbaik Jember maka akan muncul dan pilih hotel sesuai dengan yang anda inginkan. Selain potensi wisata alam yang beragam, di sektor perhotelan pun kota Jember beragam jenis mulai dari hotel berbintang hingga ekonomi. Anda tidak perlu khawatir untuk mencari kamar hotel terbaik Jember banyak tersedia kok!!
Jika persiapan sudah matang, anda perlu mencari referensi tempat wisata di kota jember. Sebagai salah satu wilayah penghasil tembakau terbaik, pemerintah Kabupaten Jember mulai mengenalkan potensi ini, salah satunya adalah dengan mendirikan museum tembakau. Dari museum ini wisatawan dapat mengetahui bagaimana proses tembakau diolah dari awal hingga proses siap ekspor. Selain itu juga dihadirkan daun-daun tembakaudari jenis kasturi dan nag oost. Juga terdapat cacahan daun tembakau dari daerah lain seperti tembakau rajang Maesan, Paiton, Sumenep, Bojonegoro dan Sinjai.
Daun-daun tembakau yang kering tersebut dipajang dengan rapi di etalase kaca. Sebagian juga ada yang digantung di dinding atau atap museum yang sebagian besar terbuat dari kayu. Hal tersebut menciptakan kesan bahwa pengunjung sedang berada di dalam sebuah gedung tua penyimpanan tembakau.

Tidak hanya memajang daun-daun tembakau yang kering, di museum tersebut juga terdapat koleksi alat-alat pembuat rokok atau cerutu yang sudah kuno. Juga ada mesin ketik dan berbagai perlengkapan jadul yang dipakai oleh petani tembakau. Beragam koleksi tua tersebut membuat pengunjung membayangkan pekerjaan para petani tembakau pada masa-masa dulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan