Tarian Tradisional Kota Tembakau


Tarian tradisional Kota Tembakau ini diciptakan pada tahun 1980 an yang diprakarsai oleh Bupati Jember dikala itu. Tari lahbako adalah tarian tradisional kota Jember, Jawa Timur yang menggambarkan kehidupan para petani tembakau. Daerah Jember sendiri merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbaik dan terbesari di Indonesia. Selan itu tari lahbako ini merupakan bentuk penghargaan terhadap peran perempuan Jember terhadap industri tembakau disana karena mayoritas pengerjaan pada produksi tembakau dikerjakan oleh perempuan. Tetapi di zaman sekarang, Tari Lahbako mengutamakan nilai estetika sehingga lebih menonjol sebagai hiburan.

Tari lahbako sendiri mempunyai arti yang merupakan gabungan dari 2 akata yaitu Lah dan Bako. Kata Lah sendiri merupakan ptongan dari kata mengolah, sedangkan kata bako merupakan singkatan dari kata tembakau. Sehingga tari lahbako dapat diartikan sebagai tarian yang menggambarkan pengolahan tembakau.


Berawal dari tari kreasi yang kaya akan nilai di dalamnya, tarian ini sekarang menjadi tarian yang sangat terkena; dan dibanggakan oleh warga Jember. Terbukti dengan menjadikan tari lahbako sebagai salah satu icon kota Jember. tarian ini masih terus dilestarikan hingga sampai saat ini, dan masih dipelajari baik di sanggar seni maupun diperkenalkan dalam bidang pendidikan seni dan budaya. Selain itu tarian ini juga sering ditampilkan dalam pagelaran seni dan berbagai acara besar seperti penyambutan tamu besar, festival budaya dan lain-lain.

Jika apabila anda ada kunjungan ke Jember untuk berbisnis dan berwisata, dan juga kebetulan ada pagelaran seni jangan lewatkan menonton sebagai hiburan anda selama berada di kota Jember. sebelum anda melakukan perjalanan bisnis atau berwisata ke Jember, Jawa Timur pastikan terlebih dulu mencari kamar hotel terbaik Jember agar ketika sampai di Jember anda tidak perlu repot-repot lagi mencari kamar hotel terbaik Jember. di kota Jember sendiri terdapat banyak penginapan hotel mulai dari harga ekonomi hingga harga terbaik atau termahal. Itu semua tergantung sesuai dengan budget atau isi dompet anda untuk memilih penginapan selama di kota Jember.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan