Peranan Smartphone Di Era Milenial Saat Berwisata


Google Indonesia melakukan riset mengenai perilaku digital masyarakat Indonesia saat mempersiapkan perjalanan wisata. Hal tersebut dipaparkan oleh Head of Travel Google Indonesia, Riset yang dilakukan terkait dengan proses pencarian informasi sebelum melakukan booking, konsultasi rencana perjalanan, dan pengunaan perangkat smartphone saat proses perencanaan perjalanan wisata.Terkait konsultasi rencana perjalanan wisata, baru 31 persen responden yang menggunakan konsultan pribadi karena merasa bisa mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan. Terkait penggunaan perangkat elektronik smartphone dalam merencanakan perjalanan wisata, baru 47 persen responden menggunakan perangkat smartphone untuk merencanakan perjalanannya. Sebanyak 61 persen responden menginginkan kebebasan untuk menetapkan pilihan kapan pun dan di mana pun tanpa terikat dengan proses pemesanan yang telah dilakukan sebelumnya.

Salah satu dampak dari perkembangan teknologi adalah berubahnya pola dan cara wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. Dengan perkembangan internet dan penggunaan smartphone, wisatawan semakin mudah untuk mencari informasi dan merencanakan liburannya. Peningkatan penggunaan samrtphone oleh wisatawan modern dalam merencanakan dan ketika sedang dalam perjalanan merupakan kesempatan sekaligus tantangan besar bagi industri perhotelan. Dalam industri perhotelan khususnya di kota Jember hal ini memberi kesempatan besar bagi hotel untuk memasarkan kamar hotel terbaik Jember secara online di internet. Kebanyakan para wisatawan yang menggunakan smartphone ketika berlibur digunakanuntuk mencari tempat menginap serta memesan penginapan. hal ini memberikan tantangan dalam hal pemasaran hotel agar dapat menarik perhatian tamu yang menggunakan smartphone untuk mencari kamar hotel terbaik Jember dan memesan kamar hotel tersebut.

Para wisatawan lebih memilih pemesanan kamar melalui aplikasi di smartphone karena tawaran harga yang lebih murah. Sebagian para wisatawan menggunakan aplikasi smartphone karena proses yang lebih cepat. Dari hal tersebut menunjukkan peluang untuk menawarkan promosi hotel melalui aplikasi di smartphone. Selain itu dengan memberi kemudahan bagi wisatwan untuk memsan kamar hotel dengan smartphone mereka yang tentunya akan memberi pengalaman berlibur yang lebih baik untuk mereka.

Smartphone berperan penting dalam kehidupan di zaman milenial ini dalam berbagai kegiatan yang dilakukan wisatawan dalam berlibur. Sebagian besar wisatawan menggunakan smartphone untuk mencari aktiitas saat liburan, mencari tempat berwisata atau berlibur, mencari restoran serta untuk membaca review diinternet. Dengan apeningkatan peran smartphone dan penggunaannya dalam kegiatan berwisata, industri pariwisata khususnya perhotelan harus mampu untuk memanfaatkan peluang ini. hotel perlu membuat kegiatan pemasaran online agar dapat menarik perhatian para wisatawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan