Upaya Meningkatkan Pelayanan Dasar Berupa Kesehatan Di Jember


Berjumpa kembali dengan kami di wisata Jember, pembahasan yang lalu membahas tentang pelayanan publik yang berfokus pada pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan perizinan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kini kami akan membahas kembali tentang pelayanan publik namun dalam konteks yang berbeda. Yuks.. simak pembahasannya!!

Pelayanan publik merupakan sebuah kebutuhan yang harus dapat diberikan oleh suatu negara kepada masyarakatnya. Kebutuhan akan pelayanan publik yang memiliki kualitas baik akan mempermudah masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Pelayanan yang lamban, berbelit, dan tidak responsif akan memnggangu proses kegiatan masyarakat dari segi ekonomi maupun dalam segi sosial.

Biasanya pelayanan publik hanya terfokus pada pelayanan perizinan dan pelayanan administrasi kependudukan tetapi kurang memperhatikan pelayanan dasar seperti pelayanan kesehatan. Didalam bidang kesehatan menjadi salah satu tolok ukur kesejahteraan bagi suatu negara khususnya di kota Jember itu sendiri. Tanpa penanganan bidang kesehatan yang serius maka akan sangat berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dalam pengukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan ditetapkan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Kondisi umum kesehatan dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan. Sementara itu pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain ketersediaan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan, obat dan perbekalan kesehatan, tenaga kesehatan, pembiayaan dan manajemen kesehatan.

Meningkatkan pelayanan dasar berupa pelayanan kesehatan dengan sistem yang terintegrasi merupakan misi Ir.H. Hendy Siswanto sebagai Cababup kota Jember yang diselenggarakan pada tahun 2020 mendatang agar masyarakat Jember khususnya menjadi sejahtera. Peningkatan pelayanan kesehatan adalah mutlak dilakukan sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat untuk meningkatkan kulaitas sumber daya manusia di Jember. akses yang mudah dan terjangkau dalam bidang kesehatan untuk semua masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan