Meningkatkan Pelayanan Dasar Berupa Pendidikan


Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam proses pembangunan bangsa dan negara karena masa depan bangsa sangat ditentukan oleh keberhasilan pembangunan dibidang pendidikan, sehingga bidang pendidikan merupakan tempat ketergantungan dari banyak harapan masa depan masyarakat, harapan bangsa, dan negara. Pendidikan juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat ketimpangan. Tingkat pendidikan yang lebih merata akan membuat peluang mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang lebih baik sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di kabupaten Jember.

Misi yang akan diusung oleh Cabup Jember yaitu Ir.H. Hendy Siswanto adalah meningkatkan pelayanan dasar berupa pendidikan dengan sistem yang terintegrasi. Peningkatan pelayanan dasar berupa pendidikan salah satunya adalah mutlak dilakukan sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat Jember untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kabupaten Jember.

Salah satu bentuk misi yang diusung adalah dengan perluasan akses pendidikan yang mudah dan terjangkau untuk semua masyarakat Jember merupakan pilar kebijakan yang diarahkan untuk memperluas daya tampung satuan pendidikan dengan tujuan akhir agar semua masyarakat Jember mempunyai kesempatan yang sama dalam mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu dan berkualitas dengan sistem yang terintegritas.

Harapan kami masyarakat Jember, peningkatan aksesbilitas masyarakat terhadap pelayanan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau dapat dilakukan melalui sebagai berikut :

1.       Pelestarian program pemberantasan buta aksara.
2.       Peningkatan pendidikan ana usia dini melalui pemerataan dan perluasan akses yaitu taman kanak – kanak, kelompok bermain, dan taman penitipan anak.
3.       Meningkatkan akses pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
4.       Pelestarian hasil capaian program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun melalui program retrival dan transisi.
5.       Rintisan program wajib belajar pendidikan dasar 12 tahun melalui peningkatan kualitas sekolah swasta dan kejuruan serta pemberian bea siswa kepada siswa miskin.
6.       Meningkatkan kualitas sekolah swasta melalui model layanan alternatif pendidikan SMK
7.       Peningkatan kompetensi guru melalui pemberian bea siswa, sertifikasi guru, dan pengawas satuan pendidikan.
8.       Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan bidang pendidikan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan