Konsep Pembangunan Infrastruktur Publik Yang Merata Di Jember


Dalam melaksanakan pembangunan daerah, sektor infrastruktur mempunyai peranan penting dan strategis mengingat sektor infrastuktur menghasilkan produk akhir, baik yang berupa sarana maupun prasrana yang berfungsi mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai bidang, terutama bidang ekonomi, sosial, dan budaya untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual. Selain berperan mendukung berbagai bidang pembangunan, sektor infrastruktur berperan pula mendukung tumbuh dan berkembangnya berbagai industri barang dan jasa yang diperlukan dalam penyelenggaraan pembanguanan daerah.

Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa pembangunan dan infrastuktur yang baik di suatu daerah khususnya kabupaten Jember, Jawa Timur akan mampu mendorong peningkatan ekonomi di daerah tersebut. Sebab, ketersediaan infrastruktur dapat mempermudah arus perekonomian agar dapat melakukan ekspansi seluas mungkin, mengurangi biaya produksi hingga dapat menimbulkan efek multiplier.

Definisi infrastruktur dapat dipahami sebagai kebutuhan dasar fisik dari pengorganisasian sistem struktur yang dibutuhkan untuk jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat, sebagai layanan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk membuat perekonomian berfungsi dengan baik. Infrastruktur ini berbentuk fisik sehingga dapat mendukung jaringan struktur seperti fasilitas berupa jalan, telekomunikasi, perlistrikan, dll.

Salah satu misi yang diangkat oleh Cabup Jember ini, Ir.H.Hendy Siswanto yang asli putra daerah kabupaten Jember, misi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan ketimpangan pembangunan antara wilayah Jember utara dengan wilayah Jember selatan. Dengan pemerataan pembangunan infrastruktur akan memacu tumbuhnya kegiatan perekonomian masyarakat di semua wilayah. Keberadaan infrastruktur bagi suatu daerah di Jember dapat berdampak terhadap aktivitas ekonomi. Adapun beberapa manfaat infrastruktur yaitu meliputi :

·         Sebagai modal sosial masyarakat
·         Sebagai katalisator diantara proses produksi, pasar, dan konsumen akhir.
·         Mempertemukan budaya antar masyarakat disuatu wilayah.
·         Mengikat dan menghubungkan antar daerah.
·         Sebagai fasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat.
·         Mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat.
·         Mendorong distribusi aliran produksi barang dan jasa.
·         Mengembangkan wilayah dan output ekonomi.
·         Mednukung kegiatan ekonomi, sosial budaya, kesatuan dan persatuan.

Melalui percepatan pembangunan infrastruktur secara lebih merata diseluruh daerah dan wilayah, tentunya berharap dapat terciptanya konektivitas yang kuat antar wilayah, menurunkan biaya logistik, memperkecil ketimpangan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jember, serta memupus kesenjangan ekonomi antar wilayah yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan daya saing dan pertumbuhan untuk mencapai kabupaten Jember yang maju.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan