Pengembangan potensi pariwisata dengan mengedepankan kearifan lokal dan pelestarian budaya Jember


Kabupaten Jember adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang beribu kota di Jember. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Probolinggo dan kabupaten Bondowoso di utara, kabupaten Banyuwangi di Timur, Samudera Hindia di selatan, dan kabupaten Lumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri dari 31 kecamatan yang terletak di wilayah tapal kuda, Jawa Timur. Hari jadi Jember diperingati setiap tanggal 1 Januari.

Jember adalah sebagai salah satu wilayah yang melimpah sumber daya alam dan dianugerahi berbagai macam keindahan panorama alam, maka pengembangan dalam sektor pariwisata mutlak harus dilakukan. Pengembangan dilakukan dengan cara mempertahankan kearifan lokal sehingga dapat menunjang industri kreatif dan inovatif. Sektor ini juga dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas kepada masyarakat.

Kota Jember juga terkenal dengan sebutan Kota Pandhalungan. Pandhalungan bermakna asal periuk besar atau wadah besar yang artinya Jember adalah sebagai wadah besar untuk mewadahi kebudayaan – kebudayaan yang sudah ada. Pada dasarnya kebudayaan Jember dipengaruhi dan dibentuk oleh tiga kebudayaan yang terlebih dulu lahir dan lama telah eksis dan berkembang yaitu Jawa, Madura, dan Osing. Sebagai kawasan yang dikenal melalui budaya Pandhalungan, Jember mempunyai aneka kesenian, kebudayaan, ritual, adat, kekayaan religi, dan hasil kekayaan alam. Keberagaman budaya tersebutlah yang harus dijaga kelestariannya agar tidak punah oleh perkembangan zaman.

Pengembangan dalam sektor pariwisata dengan mengedepankan kearifan lokal, sumber daya alam,  dan pelestarian budaya merupakan salah satu misi yang digagas oleh Ir. H. Hendy Siswanto dan akan diwujudkan dalam bentuk yang konkrit. Beliau mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Jember agar kelak kota Jember dapat menjadi kabupaten yang lebih maju dari kabupaten tetangga lainnya. Dengan membawa visi yaitu sudah waktunya membenahi Jember ( wes wayahe mbenahi Jember ) dengan berprinsip pada sinergi, kolaborasi, dan akselerasi dalam membangun jember agar lebih maju, makmur, dan sejahtera.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan