Pelayanan Publik Yang Efisien Dan Responsif


Salah satu pekerjaan rumah pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik adalah pelayanan publik. Harus diakui bahwa di sebagian besar daerah di tanah air, khususnya di Provinsi Jawa Timur di kabupaten Jember sendiri, pelayanan publik yang baik, prima, cepat dan tepat waktu masih menjadi angan-angan. Persoalan lamanya waktu, ketidakjelasan mekanisme pelayanan, mahalnya harga sebuah pelayanan masih menjadi masalah penting pada pelayanan publik. Tuntutan akan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada publik menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh instansi pemerintah khususnya sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik. Dapat diketahui bahwa pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah secara efektif dan efisien dapat memperkuat demokrasi dan hak asasi manusia serta memperkuat kepercayaan masyarakat pada pemerintahan dan administrasi publik.

Membangun tata kelola pemerintahan yang stabil tanpa konflik agar terwujud pelayanan publik yang responsif dan cepat. Komunikasi yang efektif dan efisien dibutuhkan agar pemerintahan berjalan sesuai dengan yang dicita-citakan bersama. Hal tersebut merupakan salah satu misi IR.H.Hendy Siswanto Cababup Kabupaten Jember untuk mewujudkan kota Jember agar lebih maju dan sejahtera kedepannya.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki pelayanan publik sebagai bagian dari upaya penata kelolaan pemerintahan yang baik? Kualitas Pelayanan publik dapat dilihat dari aspek proses dalam pelayanan maupun hasil pelayanan.
1.       Pelayanan publik yang efisien

Jika dinilai dari segi materi, harga pelayanan publik harus dapat terjangkau oleh kemampuan ekonomi masyarakat. Disamping itu masyarakat dapat memperoleh pelayanan publik secara cepat dan hemat tenaga. Efisiensi dalam pelayanan publik dapat dilihat dari perspektif pemberi layanan maupun pengguna layanan. Dari perspektif pemberi layanan, organisasi pemberi layanan harus mengusahakan agar harga pelayanan mudah dan tidak terjadi pemborosan sumber daya publik. Pelayanan publik sebaiknya melibatkan sedikit mungkin pegawai dan diberikan waktu yang singkat. Demikian juga dari perspektif pengguna layanan, mereka menghendaki pelayanan publik dapat dicapai dengan biaya yang murah, waktu yang singkat dan hemat energi.

2.       Pelayanan publik yang responsif

Responsif adalah kemampuan organisasi untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat menyusun prioritas kebutuhan dan mengembangkannya ke dalam berbagai program pelayanan. Responsivitas mengukur daya tanggap organisasi terhadap harapan, keinginan dan aspirasi serta tuntutan warga pengguna layanan. Tujuan utama pelayanan publik adalah memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat memperoleh pelayanan yang diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman Wisata Gratis Di Jember ?? Galaxy Park and Mini Zoo Tempatnya

Wana Wisata Simbat Wuluhan

Wisata Ala Negeri Sakura Di Jember Menjadi Daya Pikat Wisatawan