Pelayanan Publik Yang Efisien Dan Responsif
Salah satu pekerjaan rumah
pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik adalah pelayanan
publik. Harus diakui bahwa di sebagian besar daerah di tanah air, khususnya di Provinsi
Jawa Timur di kabupaten Jember
sendiri, pelayanan publik yang baik, prima, cepat dan tepat waktu masih menjadi
angan-angan. Persoalan lamanya waktu, ketidakjelasan mekanisme pelayanan,
mahalnya harga sebuah pelayanan masih menjadi masalah penting pada pelayanan
publik. Tuntutan akan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada publik menjadi
suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh instansi pemerintah khususnya sebagai
salah satu penyelenggara pelayanan publik. Dapat diketahui bahwa pelayanan
publik yang dilakukan oleh pemerintah secara efektif dan efisien dapat memperkuat
demokrasi dan hak asasi manusia serta memperkuat kepercayaan masyarakat pada
pemerintahan dan administrasi publik.
Membangun tata kelola
pemerintahan yang stabil tanpa konflik agar terwujud pelayanan publik yang
responsif dan cepat. Komunikasi yang efektif dan efisien dibutuhkan agar
pemerintahan berjalan sesuai dengan yang dicita-citakan bersama. Hal tersebut
merupakan salah satu misi IR.H.Hendy Siswanto Cababup Kabupaten Jember untuk mewujudkan kota Jember agar lebih maju dan sejahtera
kedepannya.
Lalu apa yang harus dilakukan
untuk memperbaiki pelayanan publik sebagai bagian dari upaya penata kelolaan
pemerintahan yang baik? Kualitas Pelayanan publik dapat dilihat dari aspek
proses dalam pelayanan maupun hasil pelayanan.
1. Pelayanan
publik yang efisien
Jika dinilai
dari segi materi, harga pelayanan publik harus dapat terjangkau oleh kemampuan
ekonomi masyarakat. Disamping itu masyarakat dapat memperoleh pelayanan publik
secara cepat dan hemat tenaga. Efisiensi dalam pelayanan publik dapat dilihat
dari perspektif pemberi layanan maupun pengguna layanan. Dari perspektif
pemberi layanan, organisasi pemberi layanan harus mengusahakan agar harga
pelayanan mudah dan tidak terjadi pemborosan sumber daya publik. Pelayanan
publik sebaiknya melibatkan sedikit mungkin pegawai dan diberikan waktu yang
singkat. Demikian juga dari perspektif pengguna layanan, mereka menghendaki
pelayanan publik dapat dicapai dengan biaya yang murah, waktu yang singkat dan
hemat energi.
2. Pelayanan
publik yang responsif
Responsif adalah
kemampuan organisasi untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat menyusun
prioritas kebutuhan dan mengembangkannya ke dalam berbagai program pelayanan. Responsivitas
mengukur daya tanggap organisasi terhadap harapan, keinginan dan aspirasi serta
tuntutan warga pengguna layanan. Tujuan utama pelayanan publik adalah memenuhi
kebutuhan masyarakat agar dapat memperoleh pelayanan yang diinginkan.
Komentar
Posting Komentar